Berawal dari banyaknya keluhan dari teman pengguna Mazda vantrend, tentang system brake yang kurang responsive maka dari tim investigasi segera menganalisa dan mempelajari brake system pada Mazda Vantrend.
Ketika kita perhatikan masuk kolong mobil Mazda Vantrend sambil tiduran untuk meraih mimpi, ehh jangan sambil tidur ya…
Yang pertama kita lihat adalah jalur pipa rem dari depan langsung menuju ke roda belakang kiri nah roda kanan mendapatkan pipa rem nya setelah dari roda kiri, ternyata beda dengan system brake mobil mobil yang lain.
Setelah masuk kolong kita lanjutkan investigasi ke roda kanan kirinya yang dihasilkan menurut tim investigasi bahwa sentral rem Mazda Vantrend terhitung berdiameter kecil dan sedikit pendek di banding dengan sentral rem yang lainnya.
Menindaklanjuti dari fakta dan data yang sudah didapat maka tim investigasi mencoba memodifikasi system brake pada Mazda Vantrend dengan meng copy paste dari mobil mobil lain.
Yang pertama siapkan dulu bahannya
1. Sentral rem suzuki futura 2pcs ( terdapat nepple pembuangan)

2. Pipa rem panjang 120 cm 1 batang, 50cm 1btg dan 20 cm 1batang dengan merubah terlebih dahulu neple salah satu sisi di pipa 20 cm dengan neple drat kasar mengingat adanya perbedaan antara system brake pada mazda vantrend dan futura adalah salah satunya mazda mempunyai drat kasar dan futura memakai drat lembut.

3.pipa T pembagi
4. Minyak rem
Persiapkan juga alat alat pendukungnya
1. Hand drill dengan mata bor 6mm/7mm
2. Gerinda
3. Kunci kunci
Setelah semuanya sudah disiapkan kita lanjut ke tahapan pengerjaannya
1. Gerinda bagian bawah sentral rem futura bentuknya di sesuaikan dengan sentral rem bawaan

2. Karena lubang di piringan dengan lubang baut pada sentrak rem futura tidak sama as to as nya maka bor lubang yang ada pada piringan di sesuaikan dengan lubang pada sentral rem futura

3. Pasang sentral rem tersebut di piringannya dilanjutkan pemasangan brake shoe/ kanpas rem dan perintilan kecil seperti biasanya.
4. Bending pipa rem di sesuaikan dengan lekuk pipa rem bawaannya di urut dari arah roda.

5. Pasang pipa T pembagi di pipa yang dari depan sesuaikan dratnya jgn kebalik (lihat persiapan bahan point 2)

6. Sambungkan pipa rem dari roda kanan dan kiri ke pipa T pembagi
7. Stel kerenggangan kanpas rem sehingga tidak macet atau terlalu longgar
8. Buang angin palsu seperti biasanya ( dengan kocok kocok dan croooot) pastikan sudah tidak ada angin palsu
9. Jangan lupa menyetel kembali ketinggian hand brake
10. Pasang roda nya kembali
11. Coba dan rasakan perbedaanya..
12. Untuk memenuhi kebutuhan bahan bahannya bila anda males muter2 dab cari bahan tersebut anda bisa order disini
Just info komunitas mazda UC1400 tidak menggandeng ataupun kerja sama dengan bengkel manapun di Bandung atau diluar daerah.
Untuk teman teman dan rekan pengguna mazda uc1400 yang mengalami trouble atau membutuhkan bantuan stooring silahkan untuk menghubungi pengurus komunitas mazda uc1400, mengingat untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan seperti pengalaman pengalaman kebelakang “kepentingan pribadi mengatasnamakan komunitas”