Kopdar member UC1400

Ketika kita berkendara dengan kendaraan roda empat terkadang kita dihadapkan dengan jalanan tanah yang

basah dan licin.

berkendara dijalan tanah lumpur
Jalan tanah lumpur dan licin ditengah kebun karet

Mungkin hal ini terlihat sepele ketika kita berkendara dengan kendaraan roda empat 4wheel drive, beda halnya ketika kita mengendarai mobil berpenggerak belakang harus extra hati hati memilih jalan karena kalau sudah terjebak ban mater berabe lah jadinya.
mazda mr90 dijalan tanah yang licin
mazda mr90 dijalan tanah yang licin

Coba bayangkan ketika anda sedang mengemudi sendiri di jalanan tanah licin jauh dari hal layak ramai terus mobil anda kepater, apa yang akan anda lakukan?

mazda mr90 latihan offroad
Latihan naik gunung

Saya akan mencoba berbagi tips untuk mengemudi dijalanan tanah yang licin, Sebelumnya kita kenali dulu kenapa roda mobil bisa kepater?
Kalau kita amati ketika mobil kita gantung atau dongkrak terus kita putar rodanya ternyata roda berputar tidak searah, beda hal nya dengan roda penggerak yang sudah menganut sistem LSD (limited slip differencial) ketika rodanya kita putar akan berputar searah.

Jadi ketika roda mobil kepater dijalanan tanah yg licin dikarenakan salah satu roda penggeraknya tidak menapak penuh dijalanan alias gantung , sehingga yang berputar hanya roda yang tidak menapak penuh di permukaan jalan kalaupun menapak hanya nempel saja tidak bertumpu.
Sekarang kita sudah tahu kan kenapa roda bisa kepater,

selama gardan belum mentok ke tanah masih bisa diakalin dengan langkah langkah sebagai berikut:
– Usahakan jangan panic tetap tenang
– Nginjak pedal gas jangan dihentak karena akan menimbulkan putaran roda yang sipat nya tidak menggigit di tanah akibatnya akan membuat roda amblas.
– Gunakan bantuan tuas rem tangan dengan cara diangkat sedikit sehingga ban penggerak kanan dan kiri terasa ada beban dan sedikit terkunci menyerupai system LSD masukan gigi satu dan gas secara perlahan diiringi dengan mengangkat pedal kopling secara perlahan juga diusahakan mesin jangan sampai mati, jangan lupa kembalikan lagi tuas handbreak atau rem tangan ke posisi normal setelah mobil bisa keluar dari tempat kita kepater.

mr90 main tanah
main di kebun

main tanah
Main tanah

Demikian tips nya saya kutip dari obrolan kopdar UC1400 di Joglo pujasera Bandung dengan nara sumber om Yatno NF owner bengkel HM motor Buah Batu.

Kopdar UC1400 @joglo pujasera

kopdarUC1400 di joglo pujasera gunung batu
Kopdar dengan Komunitas Mazda UC1400 banyak manfaatnya bertebaran Ilmu yang bisa kita aplikasikan disaat berkendara.
Terima kasih kepada Om Yatno NF atas sharing ilmunya.
Buat rekan rekan pengguna mazda bermesin UC1400 yang mau ikutan kopdar silahkan dipantau terus di fb KOMUNITAS MAZDA UC1400